perihal

Rabu, 13 Agustus 2014

Malang Raya Coi



Halo semua .....
masih sama ane nih fauzi,
nah kali ini ane mau sedikit cerita tentang Tempat kelahiran ane
 
Malang Raya merupakan sebuah terminologi yang menjadi representasi kultural dari sebagian wilayah eks Karesidenan Malang, yaitu Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Hingga saat kini menjadi populer dengan kawasan Metropolitan Malang Raya. Secara budaya, wilayah ini terikat pada suatu komunitas yang disebut "Arek Malang atau Arema", dalam hal ini tercakup juga sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan seperti Sukorejo, Purwosari, Purwodadi, dan Pandaan.kalo semisan Bandung itu paris van java,Maka Malang bisa dikatakan Paris van java kw I nya karena Hampir semua tempat eksotis ada di sini dan ditambah lagi hampir semua tempat eksotisnya masih perawan (yang paling penting banyak yg gratis karena jarang dikelola :D ) contohnya :

Bromo 

 Gunung yang paling terkenal di malang selaingunung mahameru(kalo gk tau pasti belum liat film 5 sentimeter y :v).
gunung ini sangat terkenal keindahan nya saat matahari terbit,sampai sampai perna dijadikan iklan dari sebuah minuman(gak disebut karena yg buat blog gk dapet royalti

:D ) kalo masih penasaran dateng aja ke sana dijamin gk bakalan kecewa kok,





Kondang Merak 

Ini adalah panatai favorit saya kalo pingin ke pantai,soalnya ini pantai murah meriah bro,alias gratis kalo gada yang njaga parkir XD. tempatnya di sebelah kiri pantai balekambang.kalo balekambang kan ada perempatan lurus,kalo ke kondang merak belok kanan.trus semisal mau kesana pastikan kendaraan memadai,soalnya jalannya ancur banget,sehancur ketolak sama gebetan :D.malem malem makin sangar, lautnya bersinar bintang.soalnya plantonnya banyak. cocok kalo yang buat pacaran tapi kantong kempes XD. 
disini ada desa nelayan,so kalo mau makan ikan bakar yg enak juga ada.tapi kalo mau kesana jangan dirusak y,karna masih perawan  dan bagus tempatnya,kasian yang laen kalo mau kesana



Pulau Sempu




Nah kalo pulau ini adalah pulau yang menurutku paling wah,karena menurut semua orang gak lengkap kalo ke touring ke malang gk ke pulau sempu,bagai minum sirup tanpa sirup.walau saya belum pernah kesana karena faktor biaya tapi ini bisa jadi rekomen buat agan agan yang suka keindahan alam.dan semisal kesana harus booking dulu pemandu dan kapal.dan di tambah bekal yang cukup.karena sempu tu pulau tak berpenghuni.jadi gausah ngarep mau ketemu sosok seperti julia perez,kalo sampe ketemu,cepet cepet lari karena mungkin punggungnya bolong XD.

sebenarnya masih banyak lagi tempat eksotis di malang,kalo sampe saya sebut semua ya puyeng la,saya ini manusia biasa,bukan google berjalan,jadi kalo mau tau yang lainnya mending tanya "mbah google"yang serba tau.

Dan bila kamu penggila kuliner,ada 19 kuliner legendaris ne.tapi ane cuma sebut 5 aja,ntar yang ada pada ngiler semua nanti :D

       

1. Warung Lama Haji Ridwan ( Tahun 1925 – Sekarang )
warung lama h ridwan
Warung Lama H. Ridwan ini sangat dikenal masyarakat Malang akan citarasanya yang legendaris. Seperti namanya, Warung Lama H. Ridwan ini memang sudah ada sejak lama, yakni sejak jaman sebelum kemerdekaan Indonesia dari tahun 1925. Sejak saat itulah, warung ini sudah berhasil memenuhi selera kuliner masyarakat Jawa Timur, khususnya di Malang.
Di rumah makan ini, aneka menu yang dihadirkan sejak dahulu masih memiliki citarasa yang sama dan sangat khas. Resep masakan Jawa Kuno yang dihadirkan pun sungguh sangat menggoda dan nikmat untuk dicicipi. Anda akan dapat menikmati aneka menu andalan Kota Malang juga di tempat ini.

2. Depot HTS / Han Tjwan Sing ( Tahun 1927 – Sekarang )
Depot HTS
Depot HTS atau Han Tjwan Sing yang telah berdiri sejak 1927 ini merupakan tempat kuliner sekaligus persinggahan bagi pelancong yang melakukan perjalanan keluar kota Malang, ke arah utara, misalnya ke Surabaya. Makanan yang menjadi primadona di HTS adalah onde-onde HTS dan rawon merah.
Kue onde-onde bikinan Depot HTS teksturnya bulat cantik dan kenyal tidak keras. Jajanan bertabur wijen ini digoreng sempurna warnanya kekuningan. Ada banyak pilihan isi selain kacang hijau, sebut saja isi kelapa dan kacang merah. Terdapat juga onde-onde yang terbuat dari ketan hitam dengan kenikmatan yang tak kalah jempolan.

3. Soto Daging Rahayu ( Tahun 1928 – Sekarang )
soto daging rahayu
Di lokasi yang tak jauh dari Warung Lama H. Ridwan ada penjual soto daging, nama pemiliknya Hj. Puji Astutik atau biasa disapa Tutik. Warung soto ini juga sudah ada sejak tahun 1928. Lokasi warung soto daging Hj. Tutik tampak lebih sederhana. Tempatnya berada di pojok perempatan stan pasar, sehingga terkesan agak menyempil.
Lokasinya sederhana namun kepopuleran soto daging ini tidak kalah dengan pamor warung lamanya H. Ridwan. Terbukti, setiap hari warung soto ini juga ramai dipadati pembeli. Tutik merupakan orang keempat yang mengelola sejak warung soto itu dibuka di era zaman Belanda. Yang merintis warung ini adalah seorang pria bernama Saidi, kemudian diteruskan oleh anaknya Supiatun, lalu diteruskan oleh ibunda Tutik, Hiyana. Baru kemudian pada tahun 1985 dilanjutkan oleh dirinya hingga saat ini. Soto daging Tutik memang terasa khas karena pengguna resepnya yang digunakan secara turun temurun termasuk dalam memilih bahan yang selalu diutamakan berkualitas.

4. Toko Oen ( Tahun 1930 – Sekarang )
toko oen
Toko Oen yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Malang ini sudah ada sejak jaman Penjajahan Belanda pada tahun 1930. Cerminan tuanya usia Toko Oen ini nampak sekali pada desain arsitektur bangunannya yang khas Belanda serta pajangan foto hitam putih suasana Kota Malang di masa lampau. Furnitur seperti kursi rotan rendah yang ditata mengelilingi meja bundar juga nampak sangat khas tempoe doeloe.
Sejak dulu, Toko Oen ini sudah dikenal dengan ice creamnya. Varian rasa es krim seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, kemudian Sparkling Delight yakni es krim buah cocktail yang disajikan dengan kembang api menyala, lalu Morkus yakni es krim dengan cita rasa kopi, dan masih banyak lagi lainnya. Para pemburu kuliner legendaris, perlulah singgah sejenak ke tempat makan legendaris ini.

5. Putu Lanang Celaket ( Tahun 1935 – Sekarang )
Putu Lanang-lah tempatnya. Di tempat ini, Anda dapat memilih aneka macam jajanan seperti putu, cenil, lupis, dan sejenisnya. Berada di ujung sebuah gang di Jalan Jaksa Agung Suprapto, yang merupakan jalan utama di Malang. Usaha yang dirintis sejak 1935 di kawasan Celaket ini banyak diburu pecinta jajanan tradisional Jawa di kota Malang.
Jajan pasar yang ditawarkan yaitu puthu, lopis, klepon, dan cenil. Buat Anda yang kangen dengan jajanan klasik di masa kecil bisa langsung menuju ke Warung Puthu Lanang. Per porsi puthu, klepon, cenil, dan lopis disajikan di atas daun pisang yang diguyur air gula merah kental dan ditaburi parutan kelapa. Jajanan ini bisa dicampur komplit atau terpisah.



bersambung dulu y dari ah saya
kalo kebanyakan saya sendiri yang capek --a
ntar episode berikutnya ketemu lagi kalo linggis bisa terapung XD


sumber : sebagian dari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar