perihal

Selasa, 12 Agustus 2014

Jurusan Dan Fakultas Mesin

Hai semua.....
ketemu lagi sama fauzi ne,sekarang ane mau njelasin sedikit tentang jurusan mesin

Sebelum kita mengenal tehnik mesin,lebih baik kita harus tahu apasih yg dimaksud dengan mesin.Arti mesin itu sendiri adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia
Secara gampangnya mesin adalah suatu alat untuk mengurangi usaha manusia
Contoh ada elevator atau lift.Dengan adanya alat tersebut,kita tidak perlu capek capek untuk naik tangga bila ke lantai 2 atau pun sepuluh.bayangkan saja bila tidak ada lift,mungkin kita untuk naik ke lantai 12 saja mungkin masih pikir pikir,mau naik atau tidak

Dan arti tehnik mesin sendiri adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik.
jadi bisa disimpulkan,bahwa ini adalah jurusan yang prospek kedepannya sangat baik apalagi kalau kita bisa memakai kreatifitas.
Mungkin diatas pengertian secara luas tentang mesin,sebenarnya banyak sekali cabangnya,contohnya mekanik industri,mesin umum,ototronik,dan lain sebagainya

Jurusan Tehnik Mesin umum setidaknya dibekali dengan kemampuan menyusun konsep, perancangan, implementasi dan operasional sehingga basis kompetensi utama dalam bidang rancang bangun permesinan dan kompetensi pendukung dalam bidang kontrol automatik. Sedangkan kompetensi pelengkap merupakan bidang keahlian khusus  yakni;
  1. Konstruksi Mesin; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain konstruksi mesin baik aspek konstruksi maupun ekonominya.
  2. Konversi Energi; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, merawat dan mendesain alat-alat dan mesin konversi energi beserta aspek-aspek ekonominya.
  3. Produksi Permesinan. bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain proses permesinan baik aspek desain mesin-mesin, desain produk dan produksi.
  4. Produksi Material; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, memadukan dan memproduksi komponen mesin berdasarkan material.
Dari bekal yang diberikan,dapat disimpulkan bahwa ini adalah jurusan yg melatih kreativitas kalam berfikir praktis. so ngak bakalan ada yang namanya tehnik mesin kekurangan lapangan kerja,karena manusia selalu berusaha bagai mana caranya kita mengeluarkan hasil yang banyak dengan usaha yang sedikit

Contoh video tentang pembuatan komponen mesin secara CNC

 
video diatas adalah pembubutan sebuah part dari sebuah mesin,sebelum ada cnc mungkin pembuatan part dari video disamping bisa memakan waktu sampai 1 hari penuh
lalu bandingkan waktu yang dibandingkan dengan video disamping yang pembuatannya tidak smpe 10 MENIT.


 Dan tehnik mesin ini sebenarnya adalah salah 1 dari 10 pekerjaan dengan bayaran termahal
prospek perkiraan lulusan tehnik mesin yang kira kira bisa menerapkan ilmu kita



1.   Bidang Perawatan Mesin
Produksi dari suatu perusahaan sangat bergantung pada perawatan mesin-mesin produksi maupun pada energi yang menggerakkan mesin-mesin produksi. Dari mulai pelumasan penggantian suku cadang yang sudah rusak sampai kepada pengontrolan produksi, semua itu dilakukan oleh seorang lulusanTeknik Mesin. 




2.   Bidang Industri Alat Berat

Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri alat-alat berat dan menempati posisi di berbagai divisi yang ada seperti divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain.




3.   Penguji Spesimen Produksi

Pada bidang ini seorang lulusan Teknik Mesin bertugas menguji spesimen hasil produksi, dan menentukan proses yang tepat untuk menghasilkan bahan dengan kekuatan sesuai kebutuhan penggunaannya. 




4.   Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian

Di berbagai departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT dan IPTN. Lulusan teknik mesin juga dapat berprofesi sebagai dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.





5.   Bidang Lainnya

Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Lulusan Teknik Mesin juga dapat berprofesi sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan manufaktur, dan lain-lain.


ini secuil dari jurusan tehnik mesin,
gak sanggup ane kalo harus njelasin semua,soalnya ane bukan dosen Xp
kalo masih penasaran,masuk aja jurusan mesin ( terutama mesin umum) dijamin gak bakalan nyesel deh....


sumber; beberapa dari


    
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar